Gigi yang Paling Mudah Berlubang


Selain faktor penyebab gigi berlubang seperti pada tulisan kami sebelumnya ( gigi berlubang ). Ada beberapa faktor lain yang turut andil dalam memperparah gigi berlubang, namun ini tidak terdapat pada setiap orang.

Beberapa orang yang patut waspada akan gigi berlubang adalah Anak-anak, balita dan manula.

Gigi susu / sulung / gigi anak, sangat mudah rusak karena gigi berlubang, Apakah ini dibiarkan begitu saja ? Bukankah gigi yang tanggal nanti akan diganti gigi yang baru ? Tidak demikian.

Justru perawatan gigi pada masa anak dan balita turut berperan serta dalam menentukan kesehatan gigi dan mulutnya kelak. Anak-anak dan balita harus dirawat sejak dini, karena jika gigi pada anak berlubang dan menyebabkan tanggal sebelum waktunya, maka gigi permanen ( gigi dewasa) akan kehilangan tempat, sehingga gigi dewasa akan berantakan dan berdesakan, dan perawatan gigi berdesakan ini jauh lebih mahal daripada menjaga gigi anak supaya tidak tanggal sebelum waktunya.

Pada balita biasanya disebabkan karena membiarkan botol susu menempel terus menerus pada mulut bayi, meskipun bayi tersebut sedang tertidur. Ini akan menyebabkan gigi selalu dipenuhi dengan susu dan ini sangat disukai bakteri penyebab gigi berlubang. Bakteri akan berkembang biak dan semakin giat dalam merusak gigi. Oleh karena itu bagi para orang tua, sebaiknya membiasakan tidak meletakkan susu dalam mulut anak ketika dia tidur.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar